Cara Menentukan Arah Utara Bumi Tanpa Menggunakan Kompas

kompas
"Kemana arah utara ?" Entah Anda tersesat di hutan atau mungkin Anda mencoba memasang jam matahari di halaman Anda, Anda pasti ingin menemukan utara sebenarnya dari waktu ke waktu, dan kemungkinannya kapan waktunya tiba Anda tidak dalam keadaan memegang kompas atau bahkan tak memiliki kompas sama sekali . Terlebih lagi, bahkan jika Anda memiliki kompas, arah utara dikompas Anda hanya akan mengarah ke utara magnetik, tentu hal tersebut berbeda dengan arah utara yang sebenarnya dan hal tersebutlah yang berubah dengan lokasi Anda di dunia. Nah, adapun cara untuk mengetahui arah utara bumi tanpa menggunakan kompas, silahkan Rakan simak dibawah ini :


kompas1. Tempatkan tongkat tegak di tanah sehingga Anda bisa melihat bayangannya. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan bayangan objek tetap. Hampir semua objek akan bekerja, namun semakin tinggi objeknya, semakin mudah untuk melihat pergerakan bayangannya, dan semakin sempit ujung objeknya, semakin akurat pembacaannya. Pastikan bayangan dilemparkan pada tingkat, bebas sikat.

menentukan arah tanpa kompas
2. Tandai ujung bayangan dengan benda kecil, seperti kerikil, atau goresan yang berbeda di tanah. Cobalah untuk membuat tanda sekecil mungkin sehingga bisa menentukan ujung bayangannya, tapi pastikan Anda bisa mengidentifikasi tanda itu nanti.





menentukan arah tanpa kompas3. Tunggu 10-15 menit. Ujung bayangan sebagian besar akan bergerak dari barat ke timur dengan garis melengkung.







4. Tandai posisi baru ujung bayangan dengan benda kecil atau goresan kecil. Kemungkinan akan bergerak hanya dalam jarak dekat.






menentukan arah tanpa kompas5. Gambarkan garis lurus di tanah di antara dua tanda itu. Ini adalah perkiraan garis timur-barat.







menentukan arah tanpa kompas6. Berdiri dengan tanda pertama (barat) di sebelah kiri Anda, dan sisi lainnya (sebelah timur) di sebelah kanan Anda. Anda sekarang menghadapi sebagian besar ke arah utara yang benar, terlepas dari di mana Anda berada di dunia ini. Ilustrasi menunjukkan bahwa matahari dan penanda pada Poin 1 adalah apa yang terjadi pada Langkah 2. Pada Poin 2, ini menunjukkan apa yang terjadi pada Langkah 4. Metode ini didasarkan pada kenyataan bahwa matahari bergerak melintasi langit dari Timur ke Barat . Dan selanjutnya Anda pun sudah dapat menetapkan arah utara bumi. 

Mudah bukan ? semoga bermanfaat... :)

Comments

Popular posts from this blog

Mengintip Keindahan Pantan Terong - Wisata Aceh Tengah